Sumber: www.AnneAhira.com
Untuk menjalankan bisnis, setiap pelaku usaha tentunya membutuhkan modal. Baik modal dalam bentuk uang maupun modal bergerak. Modal ini bisa berasal dari kita sendiri sebagai pemilik maupun investasi pihak lain. Untuk mendapatkan modal dari pihak lain, tentunya kita diharuskan membuat proposal dengan mengikuti sistematika penulisan proposal bisnis yang benar dan meyakinkan.
Proposal bisnis yang baik bukan saja berguna untuk meyakinkan para calon investor, namun juga penting bagi kita dalam mematangkan perencanaan dan pengembangan bisnis. Tak jarang para pelaku usaha, khususnya pelaku UKM yang kurang memperhatikan hal ini. Berikut sistematika penulisan proposal bisnis yang dapat dilakukan pelaku UKM, khususnya untuk mendapatkan bantuan permodalan dari BUMN maupun pihak lainnya.
Resume
Ini merupakan ringkasan isi proposal dan rencana bisnis yang akan Anda jalankan. Dengan ringkasan ini calon investor sudah bisa meraba gambaran global bisnis Anda. Apabila tertarik mereka akan melihat isi detailnya. Karena itu usahakan membuat resume semenarik mungkin.
Daftar Isi
Seperti namanya, di halaman ini tertera apa saja isi proposal yang Anda buat. Daftar isi sebaiknya dibuat detail hingga ke sub-sub topik untuk memberikan gambaran kepada pembaca keseluruhan isi maupun sistematika penulisan proposal bisnis yang Anda buat.
Profil Perusahaan
Bagian ini menguraikan sejarah dan profil usaha Anda, dari sejak berdirinya hingga perkembangannya kini. Termasuk data masing-masing orang yang duduk di dalam perusahaan sebaiknya diceritakan secara singkat, khususnya menyangkut kapasitas dan kapabilitasnya.
Struktur Organisasi
Meskipun usaha Anda masih berskala kecil atau UKM, Anda tetap harus membuat struktur organisasi dari perusahaan Anda. Disini Anda dapat membuat dalam bentuk struktur tabel untuk memperlihatkan arah komando dan pertanggungjawabannya. Struktur organisasi yang detail akan lebih baik
Uraian Produk
Mengingat produk merupakan faktor penting, maka uraikan secara detail tentang produk yang dihasilkan, baik menyangkut bentuk, ukuran, bahan, maupun hal-hal lain yang berkaitan. Produk disini bisa berbentuk produk jadi maupun jasa atau layanan. Karena bagian ini juga penting dalam sistematika penulisan proposal, maka uraikan juga tentang keunggulan dan alasan memilih produk ini.
Perencanaan Produksi
Produksi yang baik bukan hanya menyangkut bagaimana suatu produk atau jasa dihasilkan. Yang tak kalah pentingnya adalah seberapa besar bahan baku tersedia, kemampuan atau kapasitas produksi, dan juga kemungkinan pengembangan produk. Semuanya diuraikan secara detail untuk memberikan gambaran yang jelas tentang rencana produksi Anda.
Strategi Pemasaran
Pemasaran menduduki posisi yang cukup vital. Apalagi kalau produk Anda cukup banyak tersedia atau juga diproduksi oleh pesaing Anda. Disini diuraikan strategi pemasaran yang Anda rencanakan, bagaimana melaksanakannya, analisa SWOT, dan bagaimana menghadapi pesaing.
Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan bagian yang tak kalah pentingnya dalam sistematika penulisan proposal bisnis. Disini Anda diminta menguraikan analisa bisnis, baik menyangkut rencana pengeluaran, target pemasukan, biaya operasional, serta analisa rugi laba. Uraian keuangan ini sebaiknya realistis karena calon investor bukan orang yang awam dengan bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar